KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Kebersihan merupakan bagian dari iman, sebagai seorang muslim tentunya dalam melakukan ritual shalat haruslah membersihkan diri, dengan berwudhu. Bila orang shalat tidak berwudhu maka tidak syah shalatnya. Begitu pentingnya kebersihan dalam kehidupan kita sehingga dalam kehidupan kita dituntut harus selalu bersih. Alat makan harus bersih agar kita tidak terserang penyakit, kita harus mandi agar tubuh kita bersih dan terhindar dari penyakit kulit yang bisa menyerang kulit kita. Makanya dalam ajaran islam kebersihan itu bagian dari iman. Penulis merasa sedih jika meliwati beberapa jalan di Bandung penulis menemukan beberapa tumpukan sampah yang menggunung di pinggir jalan. selain merusak keindahan lingkungan membuang sampah di jalan akan mengndang tikus atau kucing liar membawa sampah ke gorong gorong sehingga gorong gorong menjadi tersumbat oleh sampah dan bisa menyebabkan bencana banjir dan berkembangnya wabah penyakit.

Penulis merasa heran mengapa orang dengan bebasnya membuang sampah di pinggir jalan seperti itu? bukankah jalan merupakan sarana transportasi yang harus dijaga kebersihannya, bukannya membuang sampah sembarangan itu bisa menimbulkan bencana dan gangguan kesehatan masyarakat disekitar tempat itu? mengapa orang yang membuang sampah sembarangan tidak diberikan sanksi yang keras seperti denda atau kurungan agar mereka jera membuang sampah sembarangan? dan kenapa petugas yang mengangkat sampah tidak pernah tuntas mengangkat sampah yang menggunung itu dan membiarkannya begitu saja?

Sampah yang dibuang orang seenaknya tentu memberikan dampak yang tidak sehat bagi lingkungan, apalagi sampah tersebut sampai menggunung, binatang seperti tikus akan mengacak acak sampah untuk mencari pangan, dan apabila dalam bungusan kresek ditemukan makanan makan tikus akan membawanya masuk ke dalam gorong gorong dan akan menyantap sisa makanan dari sampah itu di dalam gorong gorong, dan tikus akan membiarkan sisanya begitu saja di gorong gorong  sehingga lambat laun gorong gorong akan juga tersumbat sampah dan aliran air menjadi terhambat. Di musim hujan seperti sekarang tentunya gorong gorong yang tersumbat akan menimbulkan aliran air digorong gorong jadi terhambat dan air akan membludak ke jalan dan timbulah banjir.

Sampah yang menggunung dipinggir jalan yang dekat dengan pemukiman tentunya akan menyebarkan penyakit dengan perantara lalat dan kecoa, yang akan masuk ke rumah penduduk disekitar tempat pembuangan sampah, dan apabila kecoa atau lalat menghinggapi bahan makanan yang tidak tercuci dengan bersih bisa menyebabkan penyakit diare atau penyakit perut lainnya, air yang tergenang akibat terhambat oleh sumbatan sampah, akan dijadikan nyamuk sebagai media yang baik untuk berkembang biak, sehingga bisa juga menjadi tempat baik untuk berkembang biak nyamuk demam berdarah dan apabia nyamuk telah dewasa tentu mereka akan  menyebarkan penyakit demam berdarah yang bisa mengancam masyarakat.

Untuk itu perlu disosialisasikan tentang menjaga kebersihan lingkungan dengan selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal, tidak membuang sampah sembarangan, dan memberikan sanksi yang keras bagi warga Bandung yang membuang sampah sembarangan, karena efek yang mengerikan dari sampah itu cukup besar seperti bencana banjir dan sebagai sumber berkembang biaknya penyakit. Berikan tindakan yang tegas bagi warga yang membuang sampah sembarangan baik dengan hukuman denda atau hukuman kurungan. Begitupun bagi petugas pengangkut sampah yang tidak mampu mengerjakan tugasnya dengan baik sebaiknya mendapatkan sanksi dari institusi yang terkait. Karena selama ini penulis perhatikan petugas pengangkut sampah hanya mengangkat sampah yang memiliki nilai ekonomi seperti layaknya pemulung, dan mereka menggunakan sarana yang disediakan oleh pemerintah sebagai sarana untuk mengangkut hasil dari pemulungan, dan mereka menyimpannya di beberapa depo, dan bila hasil pulungan ini telah banyak baru mengeka menjualnya kepada pengepul

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM