SWIKE


Kodok bagi kita bukaanlah binatang yang aneh, yang biasanya  hidup di perairan dan di tempat tempat yang lembab. Kodok merupakan binatang amfibi, yang mampu hidup di 2 alam yaitu air dan darat. Kodok tergolong dalam ordo Anura, yaitu golongan amfibi tanpa ekor. Pada ordo Anura terdapat lebih dari 250 genus yang terdiri dari 2600 spesies. Terdapat 4 jenis kodok asli Indonesia yang di konsumsi sebagai swike oleh masyarakat kita  yaitu:
  • Rana Macrodon (kodok hijau), yang berwarna hijau dan dihiasi totol-totol coklat kehijauan dan tumbuh mencapai 15 cm.
  • Rana Cancrivora (kodok sawah ), hidup di sawah-sawah dan badannyadapat mencapai 10 cm, badan berbercak coklat dibadannya.
  •  Rana Limnocharis (kodok rawa), mempunyai daging yang rasanya paling enak, ukurannya hanya 8 cm.
  • Rana Musholini (kodok batu/raksasa). Hanya terdapat di Sumatera, terutama Sumatera Barat. mencapai berat 1.5 kg. Dan panjang mencapai 22 cm.
Banyak para peternak membudidayakan kodok karena nilai ekonomi karena dengan beternak kodok, sangt menguntungkan karena banyaknya permintaan terhadap daging kodok, dan di dalam daging kodok adalah sumber protein hewani yang tinggi kandungan gizinya.  Di beberapa rumah makan banyak yang menyajikan olahan daging kodok  sebagai  menu  special. Olahan makanan dari daging kodok ini sering disebut dengan  swike.  Para peburu kulineri banyak yang mencari olahan dari daging ini, selain rasanya yang lezat, banyak yang mempercayai daging kodok bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Bagi  penggemar swike, banyak yang mengatakan bahwa tekstur dan rasa swike merupakan paduan antara ayam dan ikan. 

Umumnya hanya bagian paha kodok yang dijadikan swike, akan tetapi bagian kulitnya dapat dikeringkan dan digoreng menjadi kripik kulit kodok. Cara memasak swike yang lainnya adalah "pepes kodok", daging kodok tanpa tulang dimasak dalam bungkusan daun pisang sebagai pepes. Bahan utama hidangan ini adalah kaki kodok (umumnya dari "kodok hijau" atau "kodok ijo"  dengan bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada. Dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya, swike biasanya disajikan dengan nasi putih. Dan perlu  kita  ketahui ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pengeksport kaki kodok terbesar di dunia.
Variasi jenis masakannyapun beragam, biasanya yang banyak mengolah masakan kodok ini adalah restoran cina yang menyajikan olahan Chinese food diantaranya:
  • Swike oh atau Kodok oh, paha kodok dimasak dalam kuah tauco dengan bumbu bawang putih.
  • Swike goreng mentega, paha kodok digoreng dalam mentega atau margarin
  • Swike kecap, paha kodok ditumis dengan kecap manis
  • Swike saus tomat, paha kodok ditumis dengan saus tomat
  • Swike asam manis, paha kodok ditumis dengan saus asam manis
  • Swike goreng tepung, paha kodok dilumuri adonan tepung dan digoreng dalam minyak panas
  • Swike goreng mayones, paha kodok digoreng tepung disajikan dengan mayones
  • Pepes swike, daging kodok tanpa tulang dibumbui dan dimasak dalam bungkusan daun pisang sebagai pepes, variasi lainnya adalah pepes telur kodok, telur kodok yang dimasak pepes.

Halal atau Haram
Berdasarkan hadits ini, para ulama mengharamkan kodok. Sebab dalam hadits tersebut, Rasulullah saw. melarang untuk membunuhnya. Sebuah kaidah mengatakan bahwa hewan-hewan yang dilarang untuk dibunuh, hukumnya haram dimakan. Seandainya boleh dimakan, niscaya Rasulullah tidak akan mengeluarkan larangan tersebut. Ada juga ulama yang mengharamkan kodok, karena bagi kebanyakan orang, kodok termasuk ke dalam katagori hewan yang menjijikkan. Ada pula yang mengharamkannya karena kodok termasuk binatang yang bisa hidup di dua alam.

Perihal "kodok" sebagaimana yang anda tanyakan, disebut dalam hadits riwayat Ahmad, Abu Daud dan Nasa-i, bahwa shahabat Abdur-Rahman bin Utsman berkata : Ada seorang dokter yang menyebut obat pada Rasulullah, yang diantaranya menyebut "kodok" sebagai obat, maka Rasulullah saw melarang untuk membunuh kodok ". Imam Ali As-Syaukani (pengarang buku " Nailul Authar "), setelah menyebutkan hadits tersebut lalu berkata : larangan Rasulullah saw untuk membunuh kodok tersebut, menunjukkan HARAMNYA MAKAN KODOK ". dan setiap yang haram untuk dimakan, haram untuk dijadikan sebagai OBAT. Rasulullah saw bersabda yang artinya : "Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit beserta obatnya, dan Dia telah menjadikan setiap penyakit ada obatnya, maka berobatlah kalian dan jangan berobat dengan yang haram." (HR.Abu Daud)

Sehat atau Berpenyakit
Pejabat kehutanan di india telah menghimbau bahwa mengonsumsi daging daging kodok dapat menyebabkan penyakit koktail eksotis, mulai dari kanker hingga gagal ginjal, stroke, dan lumpuh. "Besarnya residu yang bandel dan beracun dari bahan kimia pertanian biomagnified dalam rantai makanan, terakumulasi dalam tubuh katak. Konsumsi terus menerus bisa memicu stroke, kanker, kelumpuhan, gagal ginjal, dan kelainan bentuk lainnya," kata penasihat tersebut, seperti dikutip dari ZeeNews, Senin (17/6/2013)
Menurut keterangan Dr. H. Muhammad Eidman, M. Sc. seorang dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor, bahwa jenis kodok kurang lebih berjumlah 150 jenis. Dari jumlah tersebut, hanya 10 jenis kodok yang berada di Indonesia yang dinyatakan tidak mengandung racun, yaitu: Rana Macrodon, Rana Hinascaris, Rana Ingeri, Rana Glandilosa, Rana Magna, Hyhrun Arfiki, Rana Modesta, Hyhrun Pagun, Rana Canarivon, Rana Catesbiana Sehubungan dengan keterangan pakar yang mempunyai otoritas dalam menentukan bahaya atau tidaknya kodok, maka dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi kodok secara umum membahayakan kesehatan manusia.

Pejabat kesehatan di Australian melarang penduduknya makan kodok. Daging kodok мєnari ketika diberi garam , apa yang buat mereka menari? Cacing pita yang susah mati di dalam tubuh mereka ,jadi , jangan lagi makan kodok!.... “Frog legs dancing after sprinkled on some salt, please guys.. Stop consuming them. They're disgusting.There are lots of undead invisble worms in it,no matter what way you're going to cook it.”
Untuk melihat bagaimana kaki kodok yang telah dibersihkan dan siap dioleh ketika  ditaburi garam bisa bergerak sendiri silahkan lihat video yang ada di bawah ini

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM