HARI BAYANGKARA

Tepat hari ini, 1 Juli instansi polisi merayakan hari ulang tahunnya yang ke 67 tahun, dalam usianya yang cukup dewasa banyak tantangan yang dihadapi,  baik itu internal maupun eksternal. Dengan slogan anti korupsi, kolusi dan nepotisme yang diambil untuk tema peringatan tahun ini tentunya  banyak hal yang harus dibenahi oleh polri hari ini. Tugas utama polisi untuk membangun dirinya sendiri adalah membangun trust bagi masyarakat. Citra polisi di masyarakat yang selama ini kurang baik semoga dapat dipebaiki. Sistem Rekuritmet yang kurang  baik, proses proses untuk kenaikan pangkat harus memberi upeti, ini merupakan budaya yang harus dihilangkan.

Kasus kasus kekerasan dan kejahatan yang terjadi di masyarakat yang lambat ditangani oleh  polisi harus segera mulai diperbaiki dan ditangani dengan cepat. Kasus kasus yang menyangkut korupsi yang menyangkut kasus intern seperti kasus para petinggi polri harus segera ditindak. Memperbaiki kinerja polri secara internal merupakan upaya yang terbaik untuk memperbaiki citra polri di mata masyarakat. Kasus kasus yang tejadi di bidang lalu lintas seperti  pungutan liar dibidang pembuatan  surat ijin mengemudi, kasus pelanggaran lalu lintas dengan menyuap oknum polisi juga harus segera direformasi.

Kasus kasus kejahatan yang menyangkut pemerasan dan kekerasan, kasus narkoba yang melibatkan oknum harus segera diatasi, tingkat arogansi dan moralitas anggota polripun harus di perbaiki. Kasus kasus seperti yang dikenal masyarakat sebagai kasus kehilangan ayam dengan biaya kambing harus segera dilihangkan. Polisi sebagai pengayom dan pelayan  masyarakat, haruslah direalisasikan  secara nyata, bukannya  polisi  menjadi intimidaror dan membuat masyarakat menjadi tidak nyaman  bagi masyarakat, Reformasi menyeluruh  internal polri memang sangat penting untuk memperbaiki citra polri. Berperang melawan diri sendiri memang merupakan tantangan yang tidak ringan tetapi itulah yang harus dihadapi polri saat ini.

Mempersiapkan sumber daya manusia polri yang jujur, berkualitas serta mempunyai integritas dan dedikasi yang baik harus segera dimulai dari sekarang, sistem recruitment yang yang selama ini tidak baik segera mulai dihilangkan. Selamat ulang tahun POLRI!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM