LOKANANTA



Sejarah rekaman musik indonesia  tidak mungkin tidak  mencatat bahwa lokananta sebagai perusahaan milik negara yang memproduksi rekaman suara pertama di indonesia dan menjadi pioneer industri rekaman di jamannya,  Para tokoh tokoh musik yang karyanya pernah direkam di tempat ini seperti  maestro biola indonesia, Idris sardi, waljinah, gesang.dan lain lain, bahkan musisi  Glen Fredlypun suaranya pernah di rekam disini. Bukan hanya suara penyanyi yang pernah di direkam ditempat ini,  Dalang dalang kondangpun dengan karya seni pewayanganpun pernah direkam disini seperti  Mendiang Ki Narto Sabdo,  dan Ki Mantep Sudarsono.

Rekaman jejak perjuangan seperti  pidato kenegaraan,  dan pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama  republik Indonesia pun ada disini.  Sejalan dengan perkembangan jaman, Lokananta berjalan apa adanya dalam arti Hidup susah matipun enggan. Sehingga pengelolaan lokananta tidak  seperti yang kita harapkan. Dokumen dokumen penting yang berisi rekaman suara yang tersimpan disini tergeletak begitu saja tanpa terawat dengan baik, sebagaimana mestinya, hal ini dikarenakan ketersediaan dana yang tidak mencukupi untuk biaya  operasional. Dipastikan ribuan keping piringan hitam yang menjadi dokumen seni dan sejarah akan terancam rusak.

Banyak pegawai yang tadinya bekerja di sini, lambat laun meninggalkan tempat ini, karena pensiun atau mencari penghidupan lain yang lebih layak jika dibandingkan jika harus bekerja di sini. Karena dana yang tersedia tidak mencukupi, pengelola Lokananta  menyewakan beberapa lahan yang ada untuk dijadikan tempat footsal  dan Cafe, inipun tidak bisa menutupi biaya operasional yang ada.
Adalah Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Kacung Marijan, prihatin dengan kondisi studio rekaman Lokananta yang tidak terurus. dia mengatakan Indonesia memiliki karya musik yang luar biasa, misalnya musik etnik. Selain itu, ada beragam alat musik dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Kami memilih Lokananta sebagai salah satu calon lokasi karena punya area lumayan luas dan merupakan tempat bersejarah dari industri musik Indonesia,” katanya seraya berharap museum musik di Lokananta bisa menjadi ikon baru Surakarta. Dengan kekayaan musik itu, dia menilai, sangat disayangkan jika Indonesia tidak punya museum musik. “Kita punya karya musik yang luar biasa, masak tidak ada museum musik,” ujarnya. Rencananya tidak hanya alat musik yang dipajang karena khawatir sekadar menjadi benda mati dan tidak menarik pengunjung. Akan tetapi, dia menginginkan ada semacam jalan cerita dari perkembangan musik dan alat musik di Indonesia.

Menurut beliau, Lokananta memiliki warisan musik luar biasa, dan pendirian museum musik di Lokananta sebagai salah satu upaya melestarikan keberadaan Lokananta. Pilihan mendirikan museum ini, karena anak bangsa ini memiliki karya musik yang luar biasa, namun belum memiliki museum untuk bidang ini. Apalagi Lokananta merupakan tempat bersejarah bagi industri musik Indonesia.

Semoga wacana ini bisa terealisasi dan bangsa indonesia memiliki musium musik, yang bisa dijadikan bahan referensi untuk generasi mendatang tentang bagaimana  perkembangan musik di negara ini

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM