PEMBELOTAN


Sumber daya manusia sebagai asset dari suatu bangsa atau asset dari suatu perusahaan/organisasi, tentunya harus memenuhi beberapa kriteria yang tertentu yang bisa dipenuhi untuk  menjadikannya dia sebagai  manusia yang berkualitas. Dengan menentukan indikator yang telah distandarisir untuk menggolongkan dia sebagai manusia yang berkualitas atau bukan, diantaranya Kejujuran, loyalitas, kecerdasan, ketrampilan dan macam macam indikator lain yang diperlukan sebagai tolok ukur penilaianya.

Salah satu pengujian terhadap kesetiaan atau loyalitas manusia terhadap satu bangsa atau sebagai satu pekerja di satu perusahaan, selain kejujuran yaitu korehensi antara apa yang disebutkan dalam ikrarnya pada satu janji kesetiaanya dengan prilakuya yang berhubungan dengan jabatan yang diembannya. Misalnya janji seorang calon anggota legislatif terhadap kontituennya ketika sebelum yang bersangkutan menduduki jabatannya sebagai anggota dewan, apakah kesetiaan janjinya masih berlaku ataukah telah luntur. Kesetiaan seorang pegawai dengan instansinya apakah tetap memegang  janji setianya terhadap profesinya yang diembannya. Kesetiaan janji mereka mengabdi terhadap profesi mereka ini bisa disebut dengan manusia yang loyal, sementara yang berlawanan dengan hal ini disebut manusia pembelot.
Mengapa bisa mendorong mereka menjadi manusia pembelot? Ada beberapa faktor diantaranya :
  1.  Merasa dikecewakan, orang yang kecewa  biasanya akan merasa sakit hati sehingga timbul rasa dendam, dan akibatnya mereka bisa membocorkan rahasia yang harusnya tidak boleh diketahui oleh pihak umum atau pihak lain.
  2.  Diantara kedua belah pihak yang pernah berbuat janji untuk bekerja sama ingkar janji sehingga timbul rasa ketiak puasan terhadap ikatan kerja sama.
  3. Pengekangan kreativitas, apa yang dilakukan selalu dibatasi dan selalu diawasi dan dicurigai sehingga kreativitasnya merasakan selalu diintervensi dan dibunuh, sehingga merasa enggan untuk berkreasi, karena setiap berkreasi selalu dihadang hadangi.
  4. Sebagai professional, tentunya bukan hanya penghargaan pujian saja yang diakui tetapi yang berhubungan dengan  imbalan yang diterimanya. Bila besaran imbalan yang dijanjikan ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan tentunya dia akan tidak berkreasi secara optimal dan tentunya akan mencari sumber penghasilan lain yang sanggub membayarnya lebih mahal, sehingga segala kewajiban yang harus dikerjakan diabaikan atau di telantarkan.

Untuk menghindari pembelotan ini sebaiknya pebuat perjajian harus konsisten dengan apa  yang dibuatnya sesuai dengan kesepakatan kotrak yang ditandatangani kedua belah pihak. Karena bagaimanapun kesepakatan yang dibuat itu untuk kepetingan dan keuntungan bersama bukan membuat satu jadi the winner dan yang lainnya menjadi the losser. Jika memang tidak terjadi kesepakatan dibicarakan dengan baik baik dan bila telah terjadi kesepemahaman dak kesepakatan bisa dibuat kontrak kerja ulang sehingga  aturan mainnya menjadi jelas dan lebih tegas. Tidak perlu ada yang disembunyi sembunyikan diantara kedua belah pihak, tidak perlu ada curiga mencurigai diantara kedua belah pihak, tapi yang ada adalah  beroreintasi kepada produktivitas untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Karena bila terjadi pembelotan diantara mereka yang membuat perjanjian tentunya akan merugikan kedua belah pihak. Pembelotan yang terjadi bukan sebagai satu perkara yang sepele, bila salah satu diantara merasa dirugikan tentunya bakan berurusan dengan masalah hukum. Dan kalau sudah berhubungan dengan masalah hukum tentunya akan lebih kompleks permasalahan yang akan dihadapi. Kita hidup menginginkan kemudahan dan kenyamanan hidup, bukan membuat masalah yang akan menyengsarakan diri kita, untuk itu, berkomitmentlah terhadap janji yang pernah anda buat, jangan pernah menganggab  perjanjian itu sesuatu yang sepele, tetapi sesuatu keseriusan yang harus diaktualisasikan dengan nyata, bukan hanya menjadi omong kosong belaka agar tidak ada yang dikecewakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM