MUSIM MUDIK 2012

Pesta rakyat tahunan tahun 2012 yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia sebentar lagi akan dimulai. Kebiasaan mudik yang menjadi tradisi untuk berkunjung ke sanak keluarga tentunya akan meramaikan situasi arus lalulintas, yang tentunya dibarengi juga dengan meningkatnya perputaran uang. Mereka sengaja membawa bekal uang untuk mereka belanjakan uang mereka untuk keperluan melengkapi pernak pernik merayakan hari kemenangan 1 syawal 1433H. Mereka membagi rejeki yang mereka dapatkan di perantauan untuk bersama sama mereka nikmati hari kemenangan bersama sanak dan saudara mereka di kampung halaman.

Perjuangan mereka pulang dari perantauan menuju kampung halaman mereka tentu tidak semudah yang kita bayangkan. bagi pengguna jasa transportasi publik tentu mereka harus memesan tiket untuk keperluan mereka pulang agar bisa terbawa hingga ke tujuan mereka, dan ongkos yang dikeluarkanpun naik tidak seperti hari hari biasanya, karena memang permintaan untuk jasa transportasipun meningkat, baik itu transportasi udara, laut maupun darat.Bagi pengguna transportasi darat non kereta api, tentu jalan raya akan dipadati dengan para pemudik ini. baik yang menggunakan kendaraan pribadi,kendaraan penumpang umum seperti bis dan sepeda motor.

Tentunya dengan membludaknya pengguna jalan raya, jalan akan menjadi padat dan tidak jarang terjadi kemacetan yang panjang. Disisi lainresiko terjadinya kecelakaan juga semakin besar, terutama bagi pengendara sepeda motor. Untuk itu pemerintah perlu mempersiapkan prasarana jalan raya dengan baik seperti kelayakan jalan yang akan dilewati dan rambu rambu lalu lintas sebagai pendukungnya.Aparat kepolisianpun harus disiagakan penuh guna mengatur arus mudik dan arus pulangnya.

Dihimbau bagi para pengguna sepeda motor dan kendaraan pribadi, bila terjadi kelelahan beristirahatlah pada pos pos peristirahatan yang telah disediakan baik oleh permerintah maupun oleh pihak swasta, jangan memaksakan diri untuk segera sampai ketujuan dengan memacu kendaraan melebih standar kecepatan yang dilarang. Kecelakan bisa mengancam bukan hanya pada diri kita tetapi pada pengguna jalan lainnya. bagi pengguna sepeda motor sebaiknya jangan membawa barang yang berlebihan dan membonceng lebih dari 1 orang,karena sepeda morot direkomendasikan bukan untuk membawa barang dan membawa boncengan lebih dari 1 orang.

Bagi pengguna kendaraan umum dan kereta api, dianjurkan bawalah uang secukupnya, jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan karena akan mengundang kejahatan, tentunya dengan keamanan dan keselamatan di perjalanan kita bisa menikmati hari raya Iedul Fitri 1433 H dengan penuh bahagia bersama sanak dan saudara kita di kampung halaman. Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1433H mohon maaf lahir dan batin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM