SECANGKIR KOPI

Masayarakat kita yang cukup heterogen dengan latar belakang budayanya yang beragam tentu mempunyai selera dalam menikmati kopi. Kopi sebagai satu minuman bisa disajikan dengan berbagai tradisi, baik tradisi yang sifatnya formal misal untuk menjamu dan menghormati tamu, maupun sifatnya nonformal sebagai sarana untuk minum bersama yang biasanya disajikan di warung warung kopi. Kopi yang kita kenal yang ada di Indonesia ada dua jenis yaitu kopi robusta dan kopi arabica, yang bisa dibedakan dari aroma, keasaman dan kandungan cafeinnya, kesemua inilah yang akan menentukan kualitas dari kopi. Dan salah satu kopi premium yang ada di dunia yang sangat terkenal adalah kopi luwak yang berasal dari indonesia.

Penulis tidak akan membahas hal detail tentang kopi, tapi hanya membahas tentang budaya minum kopi. Biasanya budaya menyuguhkan kopi oleh keluarga indonesia dilakukan pagi hari ditemani dengan cemilan seperti pisang goreng atau kudapan lainnya, sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Budaya menyuguhkan kopi di pagi hari hampir sebagian besar dilakukan oleh keluarga di indonesia. Mungkin hanya sebagian kecil yang adalah teh hangat dan minuman lainnya. Di Aceh banyak berdiri kedai kedai kopi tempat berkumpul beberapa orang untuk saling bersilaturahmi sambil bertukar membahas topik yang sedang hangat terjadi di masyaratat bahkan sampai gosipun tak luput dari pembahasan, setelah selesai barulah mereka berpecar menjalankan aktivitas rutin mereka.

Selain di kedai kopi, hidangan kopipun pasti ada di pos ronda dan pos keamanan baik di lingkungan pemukiman maupun di lingkungan pabrik atau perkantoran, setiap pos ronda atau pos keamanan pasti ada hidangan minum kopi, selain untuk menghangatkan tubuh secangkir kopi hangat bisa mengusir rasa ngantuk bagi para peronda atau penjaga keamanan, sehingga mereka tetap terjaga untuk menjaga keamanan, biasanya sambil menyeruput secangkir kopi merekapun membicarakan masalah keamanan kampung atau lingkungan kerja mereka.

Di meja kerja dan meja belajar. Bagi para pekerja yang lembur kerja atau pelajar/mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas banyak pula yang menyiapkan minuman kopi di mejanya, walaupun tidak semuanya menyukai kopi paling tidak diantara mereka yang lembur atau belajar pasti ada yang minum kopi. Ternyatas kopi selain sebagai penahan rasa mengantuk bisa juga sebagai minuman penenang dan mimuman penyemangat kerja dan belajar sehingga mereka ini menyelesaikan pekerjaan/ tugasnya. Di rapat rapatpun kita sering mendengar istilah coffie break, agar perserta rapat mudah mencerna pembicaraan rapat dan tujuan dari rapat bisa tersosialisasikan dengan baik.

Dijaman moderen ini teknologi pengolahan kopi banyak mengalami kemajuan sehingga banyak varian minuman olahan dari kopi yang dapat disajikan. Begitupun dengan warung warung kopi modern banyak bermunculan dimana mana sehingga bisa mengangkat gengsi dari citra rasa kita dalam menikmati minuman kopi. Yang jelas budaya masyarakat kita yang gemar meminum kopi dari kopi tubruk hingga olahan minuman kopi moderen, merupakan satu komoditi ekonomi. Mari menikmati secangkir kopi......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM