PAPAN REKLAME DAN KEKUMUHAN KOTA

Dinamika perkembangan dan kemajuan perekonomian diindikatorkan kepada dinamika perniagaannya, salah satu sarana yang menunjang perniagaan agar produk dan jasa bida dikernal oleh masyarakat banyak cara yang ditempuh, salah satunya adalah membuat papan reklame. Reklame sebagai satu sarana propagana dari produk atau jasa yang dipasarkan oleh satu badan usaha tentunya berharap produk tersebut akan dikenal oleh masyarakat,tentunya akan meningkatkan brand awareness satu produk dan jasa yang diiklankan, yang tentunya bisa mendongkrak omset penjualan.

Bila kita datang ke suatu kota, penglihatan kita tidak mungkin tidak akan melihat papan reklame satu produk atau jasa. baik yang ukurannya kecil, sedang sampai dengan yang ukuran besar. Tempat pemasangan papan reklame biasanya di tempatkan pada tempat tempat yang strategis dan banyak dilalui oleh orang, sehingga reklame itu bisa dilihat oleh khalayak ramai dan syukur bisa menjadi central of view dari barbagai arah. Banyaknya papan reklame tentunya akan memberikan pemasukan pendapatan bagi pemerintah daerah, disisi lain tentunya semakin banyaknya papan reklame yang dipasang bukan menambah keindahan satu kota tapi sebaliknya justru akan menambah kumuhnya pemandangan satu kota.

Adalah Tri Rismaharini, walikota surabaya, salah satu walikota yang sangat menentang pemasangan papan iklan yang berlebihan di kota Surabaya. Tentunya kebijakan yang diambil oleh walikota wanita ini mendapat tantangan dari bebeapa pengusaha yang ingin mengkiklankan produkny6a melalui papan reklame, bahkan kebijakan bebeapa anggota dewan perwakilan daerah ada yang menentang gagasannya di awal awal beliau memangku jabatan barunya sebagai walikota surabaya. Dan sekarang apa yang dirasakan oleh warga kota surabaya? kota surabaya menjadi salah satu kota metropolitan yang bersih dan indah di indonesia.

Jika disimak dengan banyaknya berdiri papan iklan yang besar tentunya akan menambah semrawutnya pemandangan kota, Arsitektur yang bisa menjadi pusat perhatian karena keindahannya akan menjadi tertutup, dan yang lebih parah, bila musim hujan angin dan papan reklami yang terpasang itu ambruk menimpa pengguna jalan, resikonya lebih besar. jadi tidak ada korelasinya antara papan reklame dengan keindahan satu kota tetapi justru akan terjadi sebaliknya yaitu akan menambah kekumuhan satu kota dan akan beresiko bagi pengguna jalan bila papan reklame itu terbang terbawa angin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM