KOMITMEN

Komitmen adalah kosesuaian segala yang telah dikrarkan dalam janji dengan kenyataan yang sebenarnya. Komitmen seorang karyawan adalah kesesuaian antara janji yang telah ditandatangani dalam perjajian kerja dengan pelaksanaan nyata sehari hari sebagai seorang karyawan. Seorang karyawan tentunya komitmen yang dibentuk harus sesuai dengan filosofi, misi dan visi dari perusahaan. Karyawan merupakan bagian dari organisasi kerja tentunya dituntut komitmennya untuk melakukan kinerjanya dengan baik dan benar sesuai dengan sistem yang berlaku pada lembaga dimana dia bekerja. Sebagai bagian dari organisasi hal ini tentunya dituntut professionalitas, dimana terdapat keseimbangan antara produktivitas yang dihasilkan dengan pendapatan yang diperolehnya.

Seorang karyawan yang professional tentunya mempunyai komitmen untuk bekerja dengan profesional sesuai dengan job discriptionnya, ia tentunya akan mencurahkan perhatian yang penuh, baik pikiran, ide, dan tenaganya terhadap pekerjaannya, iya mempunyai tanggung jawab yang tinggi serta penuh dengan dedikasi. Seorang yang tidak memiliki komitmen tentunya dia dia tidak mempunyai kompeten di bidangnnya, sehingga dia akan melakukan segala tugasnya dengan asal asalan tanpa dilandasi dengan tanggung jawab.

Idealnya tiap perusahaan memiliki budaya kerja. Yakni suatu sistem nilai yang merupakan kesepakatan kolektif dari semua yang terlibat dalam perusahaan. Yang dimaksud dengan kesepakatan disini adalah dalam hal cara pandang tentang bekerja dan unsur-unsurnya. Suatu sistem nilai merupakan konsepsi nilai yang hidup dalam alam pemikiran sekelompok manusia/ individu karyawan dan manajemen. Dalam hal ini budaya kerja berkaitan erat dengan persepsi terhadap nilai-nilai dan lingkungannya. Pembentukan Budaya dan nilai yang ada didalam lingkungan kerja merupakan unsur yang positif untuk mengarahkan individu yang ada dalam organisasi perusahaan itu. Ini merupakan indikator yang bisa dijadikan standar didalam melakukan fungsinya agar lebih terarah.

Bentuk komitmen karyawan bisa diujudkan antara lain dalam beberapa hal sebagai berikut:
1. Komitmen dalam mencapai visi,misi, dan tujuan organisasi.
2. Komitmen dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur kerja standar organisasi.
3. Komitmen dalam mengembangkan mutu sumberdaya manusia bersangkutan dan mutuproduk.
4.Komitmen dalam mengembangkan kebersamaan tim kerja secara efektif dan efisien.
5. Komitmen untuk berdedikasi pada organisasi secara kritis dan rasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM