PEMECAHAN MASALAH

Terkadang kita mengasa sulit untuk mencari jalan keluar bagaimana untuk memecahkan masalah yang kita hadapi, misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kita hadapi, tidak hanya itu seandainya kita telah mendapatkan cara, kita sulit menentukan langkah langkah apa sajakah yang tepat dan kemudian mementukan metode yang paling tepat untuk memecahkan masalah itu. Berikut ini ada metode bagaimana memecahkan masalah secara sistematis.

Definisikan Masalah Anda:
Definisikan masalah anda, apakah masalah yang anda hadapi itu benar benar merupakan satu masalah yang harus anda pecahkan. Tentukan seberapa besar dan pentingnya masalah yang anda hadapi, dan apakah masalah ini merupakan satu hal yang terus menerus selalu anda hadapi, dikemudian hari anda juga akan mendapatkan masalah seperti ini ataukah tidak, sehingga dengan menguraikan masalah ini anda bisa mememilah milahkan masalah anda.

Kumpulkan Data:
Sebelum anda mencari solusi dari permasalahan yang anda hadapi, carilah sebanyak mungkin data penunjang yang diperlukan, Cari pula data faktor apa sajakah penyebat timbulnya masalah, yang dapat dijadikan bahan dasar penunjang untuk mencari solusinya dan menentukan solusi yang paling tepat

Petimbangkan Berbagai alternatif Solusi:

Setelah kita mengumpulkan banyak data yang diperlukan , dan mengetahui faktor faktor penyebab timbulnya masalah, Langkah berikutnya adalah mencari solusinya, Semakin banyak alternatif solusi yang kita dapatkan maka akan semakin mudah kita akan menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Lalu urutkan solusi itu berdasarkan skala preoritasnya.

Pilih dan Terapkan Solusi yang terbaik:
Setelah kita mendefinisikan masalah yang kita hadapi kemudian kita mengumpulkan data penunjang dari faktor penyebab masalah dan menginventarisir solususinya tentunya kita akan menentukan solusi yang terbaik dari solusi yang ada, Langkah berikutnya adalah pilih dan terapkan solusi yang terbaik. Perlu dicatat kita harus memantau apakah solusi yang kita pilih untuk diterapkan itu bisa berjalan dengan baik dan bisa memecahkan masalah yang dihadapi dan tidak akan timbul masalah baru, jika ya berarti selamat , kita telah bisa memencahkan persoalan yang kita hadapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM