BELAJAR DARI KEGAGALAN

Kita hidup didunia menghadapi beberapa tantangan yang harus kita hadapi, diantara harapan yang yang kita cita citakan. Harapan harapan inilah yang membuat dirikita tertantang untuk berjuang meraihnya. Proses untuk meraih harapan yang kita idam idamkan adakalanya berhasil dan tidak sedikit pula kita mengalami kegagalan untuk meraihnya. Proses kegagalan yang kita alami ini merupakan satu proses pembelajaran untuk diri kita, sehingga dengan ini kita bisa belajar dan membentuk diri kita menjadi seorang yang tuft. Ada kalanya kita merasa frustasi hanya karena mengalami kegagalan untuk meraih harapan yang kita idam idamkan, sehingga kita menjadi manusia yang tidak mempunyai harapan dengan masa depan yang suram. Pandangan seperti ini merupakan salah satu contoh manusia yang tidak bisa mengolah akal budi yang telah Tuhan anugerahkan kepada diri kita sebagai suatu kekuatan yang kita miliki. Bagaimana diri kita bisa memompa potensi akal budi yang kita miliki ini sebagai satu kekuatan untuk menggerakan diri kita bila menghadapi kendala dalam kegagalan.

Ulangilah dengan Cara Lain dan Jangan Berhenti:
Ketika kita kecil waktu kita mulai belajar berdiri, kita merangkak dan memulai nenegakan tubuh kita kita tidak pernyah menyadari bahwa kondisi ini bisa membuat tubuh kita tidak seimbang dan terjatuh, kedua orang tua kita menyemangati kita agar tetap berani untuk melakukannya berkali kali dengan berbagai cara misalnya dengan berpegangan dan akhirnya bisa berdiri, kemudian bisa berjalan tertatih tatih dan jatuh dan akhirnya karena proses gagal inilah membuat diri kita bisa berjalan. Ketika kita belajar bersepeda kita tidak jarang mengalami berkali kali terjatuh bahkan tertimpa sepeda yang kita pakai untuk belajar yang akhirnya kita bisa belajar. Banyak pengusaha besar saat pertama tama berusaha untuk menjalankan bisnisnya mengalami kegagalan tetapi kegagalan ini tidak mengendorkan semangatnya untuk tetap berusaha untuk menjalani yang akhirnya kemudian bisa sukses.

Masih ada Hari Baru Dengan Harapan Baru:
Kegagalan hari ini bukan berarti sudah tidak ada lagi harapan baru yang bisa kita raih di kemudian hari. Buanglah pemikiran bahwa hari esok yang kelak kita akan jelang hasilnya akan sama dengan hari ini atau hari kemarin.Tuhan memberikan kita hidup, agar kita bisa berpikir dan merubah pola prilaku kita. Kalau kita berpikir bahwa hari ini dan esok sama dengan hari kemarin sama dengan kita ini orang bodoh. Ketika Sri Mulyani mengundurkan dirinya menjadi mentri keuangan di kabinet SBY jilid 2 bukan berarti Sri Mulyani gagal dalam karir dan masa depan Sri Mulyani berhenti sampai disitu, ternyata setelah dia mundur menjadi mentri keuangan beliau ditawari menjadi direktur operasional World Bank

Tetaplah Berkarya, Jangan Kehilangan Motivasi, Fokuskan Pikiran:

Tidak sedikit diantara kita merasa kecewa dengan kegagalan yang kita alami sehingga kita menjadi frustasi dan malas untuk tetap berkarya. Kegagalan yang terjadi harus kita terima dengan lapang dada. Jauhkan pemikiran untuk tidak mampu berkarya, Ketika Jendral AH Nasution disingkirkan di masa Orde Baru oleh Soeharto, beliau tetap saja berkarya sebagai penulis, Bahkan kemudian beliau bisa mendapat gelar sebagai Jendral besar berbintang lima sampai akhirnya sebelum meninggal beliau bisa menyaksikan orang yang telah menyingkirkanya terguling oleh gerakan demo yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Tetaplah Memiliki Sense of Humor:
Kita tidak menyadari bahwa hidup ini merupakan satu sinetron ada sutradara yang telah mengatur semuanya ini yaitu Tuhan. Tidak selamanya kita memerankan satu tokoh yang bersifat tragedi itu secara terus menerus, Suatu saat sang Maha Sutradara memberikan kita satu peran lain, Ketika kita melihat peran yang kita jalankan itu tidak berhasil tentunya kita harus menerimanya dengan lapang dada bukan suatu hal yang terlalu amat serius yang secara terus menerus kita memikirkannya, anggab saja ini merupakan satu humoran. Kita tidak perlu terlalu serius memikirkan kehidupan, bahwa ada sisi lain dari kehidupan ini yang perlu kita sikapi dengan sesuatu yang santai dan tidak perlu terlalu serius tetapi tidak berhenti untuk selalu bangkit dan berusaha, dan isilah dengan satu humoran, karena humoran ini merupakan alat penyeimbang dari kepribadian kita agar jangan terlalu tegang dalam menjalani kehidupan. Bahwa menjalani hidup itu juga perlu seni tersendiri agar kehidupan ini tetap menyegarkan psikis kita

Kegagalan Bukan Vonis Akhir Dari Kehidupan:
Kegagalah bukanlah satu vonis bahwa dalam menjalani kehidupan kita selalu akan mengalami kegagalan. Jalan kehidupan kita masih panjang, masih banyak harapan harapan baru yang bisa kita perbuat lebih baik untuk masa depan kita, Keputusasaan karena mengalami satu kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kita diberikan akal budi oleh Tuhan untuk tetap bisa bertahan dan menjalankan kehidupan kita, dan tentunya akan dapat merubah kehidupan kita kea rah yang lebih baik dari yang pernah kita alami sebelumnya. Kita harus mampu menyingkirkan rasa frustasi yang terjadi ketika mengalami satu kegagalan, kita seharusnya merubah kegagalan ini merupakan satu proses pembelajaran.

Kegagalan Sebagai Proses Awal Untuk Meraih Keberhasilan:
Seseorang tidak secara instant meraih keberhasilan tanpa adanya satu kegagalan, bahkan kegagalan bukan hanya sekali dua kali bahkan sampai berpuluh puluh kali, baru bisa bisa menenmukan formulasi yang tepat sehingga ia bisa berhasil. Perlu diingat Kegagalan merupakan kunci awal dari satu proses untuk mencapai kesuksesan. Walt Disney bisa mencapai kejayaan sekarang ini bahkan menjadi kebanggaan Amerika pernah berpuluh puluh kali mengalami kegagalan, sehingga bisa menjadi sukses seperti sekarang ini. Yang jelas sikap yang harus kita bangun adalah keberanian untuk menerima kegagalan dan semangat untuk tetap mau berjuang meraih kesuksesan. Biarkankanlah kegagalan yang pernah kita amami merupakan bagian dari kenangan, yang pasti api dari semangat kita untuk tetap mau merubah dan tetap mau berusaha tidak padam dari dalam diri kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM