PEMILIHAN KENANG DAN DHENOK SEMARANG

Ketika temanku menjelaskan bahwa dia akan mengikuti kontes pemilihan putra dan putrid di kota ini , dia membutuhkan dukunganku. Sebagai seorang sahabat tentunya aku hanya dapat mendukung dia dengan mendoakanya semoga saja dia masuk menjadi menjadi juara dalam pemilihan kontes itu. Dan masuk menjadi finalis saja saya sebagai sahabanya sudah merasa bangga Seseorang harusnya mempunyai rasa percaya diri untuk menjalankan satu seleksi. Karena rasa percaya diri merupakan modal utama sebagai satu spirit yang dapat mendorong kita untuk meraih satu kesuksesan. Dia menjelaskan padaku keunggulan potensi pribadi yang dimilikinya, dan kuanggab ini merupakan suatu kewajaran, karena yang bisa mengetahui keadaan dirinya yang sesungguhnya adalah dirinya sendiri. Self confidence sebagai salah satu unsur dari kepribadian seseorang akan mendorong seseorang mempunyai rasa optimis.

Akhirnya final pemilihan itu berlangsung di panggung terbuka pada malam itu, aku hanya menonton sesaat tidak sampai acara puncak acara itu berakhir, Selain saya merasa kurang nyaman karena harus berdiri berdesak desakan dengan orang lain seperti menonton acara panggung hiburan hajat sunatan. Gigitan nyamuk menambah ketidak nyamanan aku menonton, aku putuskan untuk pulang ke rumah saja. Pelaksanaannya pemilihan putra dan putri kota ini mirip pagelaran panggung hajat sunatan. Satu event yang sangat tragis untuk sekelas tingkat kota metropolitan.

Pagi harinya kuhubungi dia melalui telpon, tapi telponpun tak diangkatnya, mungkin dia terlalu sibuk dengan pekerjaannya, cucoba untuk menanyakan hasil yang telah diraihnya melalui sms, tak juga dibalasnya. Informasi langsung yang ingin ku dapatkan dari dirinya tak juga ku dapatkan, akhirnya aku mencari informasi dengan membaca berita lewat korang lokal yang meliput acara pemilihan ini , setelah membaca hasilnya ternyata temanku itu gagal mendapatkan nominasi seperti yang diinginkannya. Konsekuensi yang dihadapinya seharusnya dia haruslah bersikap sportif menghadapi kenyataan diri tentang kegagalan yang dihadapinya. Dia seharusnya tidak perlu merasa malu atau rendah diri untuk secara terus terang menghadapi kegagalan ini, karena bagaimanapun keputusan yang diambil oleh team juri haruslah kita hargai, juri akan memilih yang terbaik dari yang baik. Banyak faktor kriteria yang dinilai selain fisik misalnya tentang wawasan pengetahuan umum terutama kesenian dan potensi daerah, faktor intelektual dan faktor emosional yang merupakan satu kesatuan dari satu kepribadian.

Dengan kegagalan yang dihadapi ini, seharusnya temanku itu dapat mengambil hikmahnya untuk berpikir secara positif. Ada bagian dari dirinya yang perlu dibenahi, jangan merasa dirinyalah yang paling, sementara keadaan yang sebenarnya adalah banyak sekali kekurangannya. Mau memulai untuk menjadi orang sukses, mau pula mulai menjadi orang gagal, karena sebelum menjadi orang sukses banyak kegagalan yang harus dihadapinya. Biarkahlah hal ini menjadi suatu proses pembelajaran diri, karena kehidupan adalah satu proses belajar. Kegagalan yang dihadapi adalah satu keberhasilan yang tertunda yang jelas dia telah memanfaatkan dan mendapatkan peluang itu, walaupun peluang itu belum berpihak pada dirinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM