KETEKUNAN

Ketekunan adalah satu tindakan atau prilaku yang secara terus menerus dilakukan secara konsisten untuk mencapai obyek tertentu. Satu cita cita tanpa upaya, tanpa kemauan untuk melakukan sesuatu tidak mungkin akan dapat berhasil. Ketika seorang anak mulai belajar berjalan, ia berupaya menegakan badannya, berdiri untuk mencoba untuk memulai melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah. Perjuangannya agar dapat bisa berjalan tentu tidak langsung bisa berhasil, tentunya dihadapi dengan bermacam kegagalan, misalnya terjatuh, karena mungkin tidak adanya keseimbangan. Tidak jarang upayanya untuk bisa berjalan dihantui oleh kegagalannya karena terjatuh, sehingga dia merasa takut untuk mencobanya kembali.Orang tuanya akan memberikan semangat agar ia tetap mau tekun untuk berani mencoba lagi dan mencoba lagi, bahkan dibantu dituntun dan dilepas agar dia bisa berjalan sendiri sehingga iapun berani melakukannya sendiri.

Pada setiap diri kita ada satu ketekunan, hanya pada setiap pribadi orang intensitasnya berbeda beda, ada yang intensitasnya besar ada yang intensitasnya kecil, unsur yang mendukung untuk menjadi pribadi yang tekun adalah, kebutuhan, motivasi dan kesabaran. Inilah yang merupakan energy yang luar biasa pada diri seseorang yang dapat menggerakan seseorang kepada satu kesuksesan. Dalam kehidupan kita, kita selalu dihadapkan pada satu kegagalan, kegagalan ini terkadang menghantui kita sehingga kita terbentur dan terdiam pada titik persoalan itu. Kita seharusnya berpikir bagaimana mencari jalan keluar mengatasi permasalahan yang kita hadapi. Ketekunan yang ada didalam diri kita bila secara terus menerus dilatih akan membuat diri kita menjadi pribadi yang tangguh dan tahan uji.

Kita banyak belajar dari kejadian alam, batu karang yang begitu keranya bisa dihancurkan oleh gerusan air ombak, air bisa mengikis permukaan batu. Jadi sesungguhanya salah satu keberhasilan kehidupan kita adalah kemauan untuk menjadi pribadi yang tekun, sehingga kita bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tahan uji dalam meraih kesuksesan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SWIKE

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM