TELITILAH AGAR JANGAN SAMPAI TERTIPU

Mungkin sadar atau tanpa disadari kita sering berbelanja di supermarket atau di minimarket. Begitu rapi dan bersihnya sehingga kenikmatan kita dalam berbelanja begitu dimanjakan, Barang apa yang kita perlukan akan mudah kita dapatkan dengan kondisi yang baik. Terkadang penataan barang yang begitu mempesona penghlihatan kita akan merangsang kita untuk berbelanja lebih dari apa yang telah kita rencanakan sebelumnya, inilah upaya toko dalam menghipnotis kita agar kita membelanjakan hal hal yang tidak perlu menjadi sesuatu yang penting

Banyak produsen mempromosikan produknya ditoko baik dengan menggunakan sales promotion girl maupun dengan potongan harga tertentu, sehingga kita tertarik untuk membelinya, atau membeli melebihi kebutuhan yang riil. sehingga barang barang yang sebenarnya tidak penting yang kita perlukan masuk ke keranjang belanjaan kita. Karena nafsu belanja kita memang telah dihipnotis agar nafsu belanja kita bisa dipuaskan dengan membelanjakan barang barang yang tidak kita perlukan. Saran saya, sebelum kita berbelanja di minimarket atau supermarket, kita merencanakan dulu tentang nama dan jumlah barang yang kita perlukan dalam list belanjaan, agar tidak terjerumus membelanjakan barang barang yang memang tidak kita perlukan saat ini.

Sadar atau tidak biasanya dalam berbelanja kita hanya melihat label harga yang tertera di display. Terkadang daftar harga itu bisa sama atau bahkan harganya lebih rendah daripada harga riil ketika kita membayarnya di kasir. misal pasta gigi di displa tertulis Rp.10.000 ternyata setelah di kasir menjadi Rp 11.000. dan kasus seperti ini banyak sekali terjadi yang tidak disadari oleh kita sebagai konsumen, tentunya kita merasa di tipu oleh toko itu. Sebagai konsumen tentu kita harus berhati hati karena modus seperti begini sering terjadi dengan alasan klasik yaitu mereka lupa mengganti lebel harga karena keterbatasan tenaga. Itu buhan hanya terjadi pada satu item barang mungkin ada beberapa item barang, yang kelihatannya lebih murah dari harga pasaran kenyataannya lebih mahal dari pada harga diluar.

Untuk itu saran penulis sebelum kita berbelanja sebaiknya kita menulis daftar belanjaan kita, ada baiknya kita membawa kalkulator, terkadang ada beberapa produk segar seperti buah buahan yang antara harga di label dan setelah di timbang itu berbeda. dan ingatlah label harga barang di display dan bandingkan ketika di kasir, bila berbeda kita sebagai konsumen berhak nenegur toko atau jika perlu tegurlah manager on dutynya karena telah menipu anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

SWIKE

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM