MUDIK 2011

Setelah berpuasa tentunya kita akan merayakan hari kemenangan, yaitu Hari raya Iedul Fitri. Dalam menyambut hari kemenangan ini biasanya dirayakan bersama sanak saudara, saling bermaaf maafan dan kemudian menyantap hidangan khas lebaran bersama biasanya ketupat dengan aneka lauk pauknya. Untuk warga yang merantau tentu mereka akan merayakan hari kemenangan ini dengan sanak saudaranya di kampung halamannya. Mereka ini akan mengisi libur panjang lebaran dengan pulang kampung atau mudik agar bisa bertemu dan saling bersilaturahmi dengan sanak saudara, teman dan handai tolan.

Lebaran bisa dijadikan moment reuni bagi warga perantau untuk saling membagi pengalaman, membagi rejeki yang ada pula moment ini dijadikan ajang pamer kesuksesan dan pamer kekayaan. Prosesi untuk bisa mudik bersama keluarga dikampung ada yang menggunakan mobil pribadi, kendaraan umum seperti bis dan kereta api dan banyak juga yang menggunakan sepeda motor.

Proses mudik hingga sampai ketujuan di kampung halaman perjuangan mereka sangatlah berat bahkan nyawa taruhannya, banyak korban kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan padatnya arus lalulintas mudik dan membuka peluang besar untuk terjadiknya kecelakaan lalulintas. Hal ini disebabkan karena infrastruktur transportasi yang kurang memadai misalnya jalan banyak yang berlubang, kurangnya rambu rambu lalulintas. Kualitas alat transportasinyapun begitu pula disamping human error. Peluang inilah yang seharusnya menjadi8 bahan evaluasi bagi pejabat yang mempunyai wewenang dalam pembangunan transportasi di negeri ini.

Mudik juga berkaitan dengan perputaran uang, para pemudik membelanjakan uang yang mereka bawa untuk dibelanjakan di daerah tujuan mereka, perputaran uang yang cukup besar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, walaupun hanya bersifat sementara. Dari moment mudik ini para pengambil kebijakan dalam melaksanakan pembangunan lintas sektoral dari pembangunan transportasi pemerataan pembangunan ekonomi dan tentunya pemerataan pembangunan di seluruh sektor, guna kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN BAGI ANAK DAN ORANG TUA

SWIKE

LIBUR LEBARAN 2012 DAN STOCK BBM